Cara Mengaktifkan atau Memunculkan Developer Option

1/13/2019 10:27:00 PM

Untuk orang yang pertama menggunakan android pasti akan terasa asing mendengar kata opsi developer/ developer options. Developer options ini adalah suatu konfigurasi yang dapat digunakan untuk mendebug kinerja aplikasi, mengaktifkan debugging melalui usb, menggunakan GPU untuk rendering grafis 2D, menampilkan visual titik sentuhan dan lain-lain. Tetapi konfigurasi Developer Option ini letaknya tersembunyi. Untuk menampilkan Developer Options ada cara tersendiri seperti yang akan di bahas di artikel kali ini.

Untuk mengaktifkan Developer Options/Opsi Developer silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Buka aplikasi pengaturan/setting
  2. Pilih About Phone/Tentang Telepon
  3. Sentuh atau tap Build Number/Nomor Bentukan 7 kali
  4. Kemudian kembali ke menu pengaturan , maka akan muncul developer option biasanya di bagian bawah.
Secara umum cara diatas dapat dilakukan di setiap hape android, tetapi untuk beberapa hape android mempunyai cara berbeda untuk menampilkan Developer Options. Namun, pada dasarnya sama saja. Menurut survey yang saya lakukan untuk hape merk XIAOMI dengan miui dan OPPO dengan color os menggunakan cara dibawah ini :

1. Buka aplikasi setelan/setting
2. Pilih tentang telepon
3. tap/sentuh Versi MIUI 7 kali
4. kemudian kembali ke setting
5. scroll di 'sistem & perangkat' pilih stelan tambahan
6. scroll kebawah maka akan ada opsi pengembang
Untuk yang masih menggunakan miui 8 kebawah pada dasarnya sama, hanya cuma letaknya berbeda, jadi kuncinya sentuh versi miui 7 kali dan untuk android lainnya sama juga cuma yang di tap 7 kali yaitu build number / nomor pengembang kemudian cari letak opsi developernya.

Sekian artikel Cara Mengaktifkan atau Memunculkan Developer Option, dan cara ini sudah saya coba 99,9% works. Terima Kasih 😘



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments